#tipsusaha
#masihmomenultah

Bertahan 8 tahun di industri kopi adalah suatu pencapaian. Bukan pencapaian individual namun pencapaian sebuah team yang ada dibelakangnya.
.
Foto ini hanya menunjukkan sebagian dari team yang ada yang kini jumlahnya menembus hampir 40. Ada yang masih bersama kami hingga sekarang dan ada juga yang telah berpindah ke tempat/bidang lain. Masing- masing dari mereka telah menciptakan batu pondasi untuk menjadi pijakan agar ‘bayi’ Amstirdam ini dapat merangkak dan berjalan dengan sendirinya.
.
2 tahun yang lalu kami disarankan untuk fokus menciptakan team yang solid yang siap untuk dikembangkan seiring dengan perkembangan usaha. Di awal terasa sekali beban usaha menjadi meningkat, banyak posisi yang idle namun seiring dengan jalannya waktu masing- masing dari fungsi ini dapat berjalan sendiri walaupun hingga saat ini jujur beberapa fungsi masih juga dirangkap oleh para barista kami.
.
Bayangkan sebuah kapal, kalau kapalnya kecil, sang kapten bisa mendayung sambil menentukan arah kemana kapal itu bergerak, namun ketika kapalnya besar, sang kapten akan berdiri di satu posisi yang dapat melihat jauh kedepan namun diwaktu yang sama mendapatkan data/ informasi yang dibutuhkan mengenai status kapalnya sekarang seperti jumlah bahan bakar tersisa, dimana terjadi kebocoran, status anak buah, peta, dll.
.
Sama juga dengan satu usaha, nantinya mesti bisa juga dijalankan seperti menggerakkan suatu kapal yang besar.
.
Kami masih dalam perjalanan menuju kesana, dan setiap hari berusaha melangkah untuk mencoba hal- hal yang baru.
.
Semoga menginspirasi
.
.
.
#Kopisejuk
#KopiMalang
#KopiIndonesia
#Malang
#Indonesia
#kopiamstirdam
#loveallserveall
#8TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#menyejukkanindonesia
#coffeeshops
#coffeeroaster
#Coffeetime
#cafe
#kopi
#kulinermalang
#videos
#instavideos
#coffeeaddict
#kedaikopimalang
#coffeeshopmalang
#coffeelover
#exploremalang
#latte
#gojekmalang
#gofoodmalang
#malanghits from Instagram: https://ift.tt/2rWfI6R