#tipsusaha
Dalam perjalanan ke Malaysia kemarin, ada satu pengalaman dan pembelajaran menarik.
.
Kebetulan dapat promo traveloka dan points yang bisa ditukarkan, akhirnya memutuskan mencoba menginap di hotel berbintang 5 untuk satu malam.
.
Setelah check in, masuk ke kamar, bersantai sejenak, akhirnya memutuskan untuk keluar makan malam. Setelah kembali dari makan malam, masuk ke kamar mandi, pintunya modelnya seperti sliding door, agak susah menguncinya karena kurang align antara pintu dan temboknya. Akhirnya setelah beberapa trik pintu bisa terkunci.
.
Selesai mandi saya mencoba buka pintunya, tapi ngga bisa terbuka. Setelah beberapa kali mencoba dan menyadari kalau saya juga ngga bawa hp akhirnya saya memutuskan untuk melihat sekeliling kamar mandi, ternyata ada telfon. Saya coba telfon minta bantuan pihak hotel untuk membantu membuka.
.
Singkat cerita setelah 20-30 menit pintu berhasil dibuka sama teknisi hotel.
.
Sebagai pelanggan saya merasa kecewa, khususnya untuk hotel premium. Akhirnya saya turun kebawah dan memberitahukan kekecewaan saya ke manager hotel. Sang manager dengan sigap mengambil keputusan untuk mengganti kamar saya, kontak porter untuk memindahkan semua barang dari kamar saya ke kamar baru yang ternyata juga telah diupgrade kelasnya, memohon maaf, dan bersama saya langsung menuju ke kamar yang baru. Sampai dikamar yang baru sang manager langsung sendiri memastikan pintu kamar mandi berfungsi normal, dan barang2 saya sudah dipindahkan oleh staff hotelnya.
.
Menarik ya hal yang berhasil dilakukan oleh sang manager. Langsung tahu apa yang mesti dikerjakan, dan personally handle problem ini bersama team nya tanpa banyak basa basi dan to the point. Kekecewaan saya malah langsung berubah menjadi rasa kaget dan penasaran. Saya iseng- iseng tanya ke managernya kok bisa dengan sigap handle masalah ini? Ternyata semua sudah ada dokumentasi dan SOP nya untuk hal- hal seperti ini.
.
Banyak sekali yang bisa kita pelajari dari bisnis hospitality khususnya di yang sudah bisa bertahan lebih dari 2 generasi. Bagaimana cara mereka mengatur semuanya dan cara mereka menghandel pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan mereka.
.
Semoga bermanfaat
.
.
.
.
. from Instagram: http://bit.ly/2Lvi0Ds