#tipsusaha
.
Kemarin kami mendapatkan kesempatan untuk bebagi pengalaman kami dalam membangun usaha Amstirdam termasuk jatuh bangunnya.
.
Yang menarik adalah pertanyaan yang sama selalu bergulir setiap kali ada sesi seperti ini, yaitu “langsung nekat terjun membuka usaha” atau “menunggu semua lengkap baru memulai usaha”?
.
Kebanyakan pasti memilih menunggu semua lengkap, ilmu sudah tinggi baru memulai usaha, namun menurut kami keputusan terbaik adalah langsung nekat karena along the way kita pasti akan lebih mengerti terhadap segmen pasar yang kita tuju dan melakukan perubahan- perubahan yang penting seiring dengan jalannya waktu. .
Kalau kita hubungkan dengan industri kopi/ cafe, misalnya kita mulai dulu dengan alat seadanya yang kita sudah miliki, sekalian kita berusaha membaca apa yang diinginkan oleh pasar. .
Bayangkan bila kita berasumsi market menginginkan seduhan menggunakan mesin dan kita beli mesin itu, namun kenyataannya penjualan manual brew volumenya lebih tinggi? Sudah rugi lumayan banyak apabila itu terjadi. Seandainya pembelian mesin ditunda sampai kita sudah mengumpulkan data dari customer, mungkin kita tidak akan membeli mesin itu dan modal dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.
.
Semoga bermanfaat
.
.
.
#6TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#kopimalang
#kopisejuk
#kopiindonesia
#amstirdamberbagi from Instagram: https://ift.tt/2GcLmiG