#tipsusaha
.
Ketika menulis #tipsusaha hari ini, saya sedang melintasi jalan tol yang menghubungkan Kuala Lumpur International Airport dengan kota Kuala Lumpur.
.
Terlihat kontras sekali dengan jalan tol Malang ke Pandaan yang tak kunjung selesai terlebih malah menimbulkan kemacetan yang tidak ada habisnya. .
Teman Malaysia saya bercerita apabila ada pengerjaan pembongkaran bagian samping jalan untuk instalasi kabel, listrik, ataupun jalur air, mesti disetujui sama dinas terkait dan ada komitmen setelah selesai untuk dirapikan seperti awal serta warna jalan mesti sama dengan warna sebelumnya. Apabila tidak dapat menyelesaikan sesuai komitmen maka ijin akan dicabut dan direview ulang.
.
Jalur penghubung dari kota satu dengan lainnya dengan berbagai moda transport yang efisien pada akhirnya akan menyebabkan kemudahan bagi pelanggan untuk membeli produk kita khususnya dijaman yang serba online dan instant ini serta mempermudah produk petani untuk dapat didistribusikan ke pasar luar.
.
Apakah sinis melihat Indonesia ketinggalan dalam hal ini? tidak sama sekali, karena saya percaya jalur perhubungan dan moda yang diperlukan akan tercipta sendiri karena kebutuhan pasar dan perusahaan startup yang akan mendobrak status quo itu sendiri.
.
Pertanyaannya adalah apakah kita siap ketika status quo didobrak dan jalur perhubungan itu tercipta?
.
.
.
.
.
.
.

#loveallserveall
#7TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#ProudlyRoastedInMalang
#kopimalang
#kopisejuk
#kopiindonesia
#kopiamstirdam
#mahasiswaMalang
#coffeeshops
#coffeeroaster
#coffeegram
#coffeecoffeecoffee
#coffeedaily
#kedaikopi
#kedaikopimalang
#coffeeshopmalang from Instagram: http://bit.ly/2SKpULy