#tipsusaha
.
Hari ini saya ingin membagi beberapa pelajaran yang kami dapatkan dari membangun Amstirdam Express Batu dengan modal nekat.
.
1. Tempat
Pastikan ada perjanjian sewa- menyewa untuk tempat yang disewa, semua poin disetujui dan dicatat di kontrak di awal.
Sebenarnya sebelum ditempat sekarang kita sudah deal di satu tempat lagi dan untungnya ada beberapa keberatan di kedua belah pihak untuk beberapa poin didalam kontrak yang kita tahu sebelum penandatanganan kontrak.
Bayangkan saja apa yang bisa terjadi apabila hal ini tidak didiskusikan di awal.
.
2. Pembangunan/ renovasi dan segala pengerjaan dengan pihak ketiga hanya boleh dimulai setelah kontrak sewa-menyewa diselesaikan.
Kami ditempat awal sudah meminta designer untuk mulai membeli dan memotong bahan, dan seperti point pertama diatas, akhirnya ada beberapa bahan yang mesti dipotong dan dibeli ulang karena beda ukuran dari tempat pertama.
.
3. Pastikan membeli tab yang benar untuk point of sales.
Kami sempat membeli tab tapi setelah diinstall mokapos, tidak semua fungsi dapat dijalankan dengan normal karena ternyata tab yang dibeli masih termasuk dalam kategori smartphone. Akhirnya diputuskan untuk tukar tambah dengan produk yang sesuai.
Namun tentunya terjadi pemborosan biaya
.
4. Staff training
Karena sebelumnya kita sudah operasional selama sekitar sebulan di rumah, staff training sudah dapat dimulai sejak saat itu, dan segala masalah yang potensial terjadi sudah dapat di hindari.
.
5. Start with Minimum Viable Product (MVP)
Hari Sabtu kemarin kita sudah mulai operasional dengan menyediakan 1 produk saja yaitu kopi sejuk walaupun beberapa bagian outlet masih dalam tahap renovasi.
Tidak menutup kemungkinan ada penambahan menu dalam waktu dekat namun itu disesuaikan dengan permintaan pelanggan.
.
(Bersambung)
.
.
.
.
.
.
.
.

#loveallserveall
#7TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#ProudlyRoastedInMalang
#kopimalang
#kopisejuk
#kopiindonesia
#kopiamstirdam
#kedaikopi
#kedaikopimalang
#coffeeshopmalang
#mahasiswaMalang from Instagram: https://ift.tt/2PcFNVb