#tipsusaha
.
Apabila ngga sempat baca semua bisa skip langsung ke paragraf akhir.
.
Pentingnya team backoffice yang solid dalam memulai usaha.
.
Team back office terdiri dari admin, customer service, accountant, marketing, despatch team, online support, dll, basically orang- orang yang bekerja di belakang layar.
.
Back office sering kali dianggap remeh terutama ketika kita memulai usaha dan biasanya di jarang dibereskan diawal.
.
Seringnya backoffice ngga pernah di hiraukan di awal itu biasanya gara- gara 100% dari fungsi tersebut sebenarnya menghabiskan modal/ dana atau istilah kerennya disebut cost center.
.
Memang waktu awal- awal fungsi tersebut dirangkap kerjaannya oleh owner dan team awal, namun seiring dengan waktu team tersebut mesti bisa jalan sendiri dan independent sehingga masing-masing fungsi dapat bekerja secara independent dan ketika ada penambahan produk baru ataupun yang ekstrem seperti penambahan cabang baru dapat dilakukan dengan mudah.
.
Tertarik ngga kalau kita buat satu unit usaha percontohan baru sebut saja “amstirdam express” dimana semua ini akan di share secara terbuka termasuk keuangan, pembukuannya di setiap akhir bulan, kesulitan yang dihadapi, pelajaran yang dipelajari, dll? Kalau iya, tolong comment di bawah dan kita akan coba eksekusi
.
.
.
.
.
.
.
#6TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#kopimalang
#kopiindonesia
#kopisejuk
#amstirdamberbagi
#mahasiswamalang
#coffeeshopmalang from Instagram: https://ift.tt/2HFXBVI